Pendidikan

Keutamaan Membangun Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran

Keutamaan Membangun Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran

A.  Arti Komunikasi Efekjtif

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan imformasi dari suatu pihak kepihak lain agarr terjadi saling mempengaruhi diantyara keduanya (M.Sobry Sutikno, 2006). Pada dasarnya komunikasi dilakukan dengan bahasa (verbal). Namun jika tidak bisa dengan lisan maka bisa dengan gerak tubuh, dengan sikap tertentu seperti dengan menganggukan kepala senyum dll. Hal semacama ini dinamakan komunikasi dengan bahasa non verbal.

Adapun istilah efektif ialah mencapai sasarn sesuai dengan yang diinginkan. Dengan demikian komunikasi efektif dapat diartikan sebagai penerimaan pesan oleh komunikan sesuai dengan yang dikirim oleh komunikator, kemudian komunikan memberikan respons yang positif sesuai dengan yang diharapkan.

B.  Tujuan Komunikasi

Ada beberapa tujuan komunikasi sebagai berikut:

  1. Agar apa yang ingin kita sampaikan dapat dimengerti oleh orang lain.
  2. Agar mengetahui dan paham terhadap keinginann orang lain.
  3. Agar gagasan kita dapat diterima oleh orang lain.
  4. Menggerakan orang lain untuk menggerakan sesuatu.

C.  Unsur-Unsur Komunikasi

Dlam komunikasi terdapat berbagai unsur, termasuk komunikasi dalam proses pembelajaran. Yaitu:

  1. Adanya seorang komunikator (pembawa pesan),
  2. Komunikan (penerima pesan)
  3. Ada tujuan yang hendak dicapai
  4. Adanya suatu pesan atau gagasan yang hendak/perlu disampaikan
  5. Tersedia saluran yang dapat menghubungkan sumber impormasi dengan penerima informasi sehingga terjadi hubungan tinbal balik antara komunikator dengan komunikan,
  6. Adanya umpan balik dari komunikan (respons)
  7. Adanya noise, gangguan yang tidak direncanakan dalam proses komunikasi.

D.  Komunikasi dan Proses Pembelajaran

Komunikasi yang dimaksud penulis disini ialah hubungan atau interaksi antara guru dengan siswa yang berlangsun pada saat proses pemnelajaran atau dengan istilah lain yaitu hubungan antara guru dengan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

Ada tiga pola komunikasi yang dapat digunakan untuk mengembangkan interaksi dinamis antara guru dengan siswa (Nana Sudjana:1989).

1)   Komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah

Dalam komunikasi ini guru guru berperan sebagai pemberi aksi dan siswa sebagai penerima aksi. Guru aktif dan siswa pasif. Ceramah pada dasarnya adalah komunikasi satu arah atau komunikasi sebagai satu arah atau komunikasi sebagai aksi.

2)   Komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah

Pada komunikasi ini guru dan siswa memiliki peran yang sama yaitu pemberi dan penerima aksi (imformasi).

3)   Komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi

Ialah komunikasi yanhg tidak hanya melibatkan interaksi binamis antara guru dengan siswa tetapi juga melibatkan interaksi yang dinamis antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Kegiata semacan ini mengarah pada proses pembelajaran yang mengarahkan pada pembelajaran yang mengembangkan kegiatan siswa yang oftimal sehingga menumbuhkan siswa belajar aktif.

  1. Strategi Membangun Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran

Beberapa strategi yang dapat kita lakukan dalam kegiatan pembelajaran diantaranya ialah sebagai berikut:

a)    Ketahui tujuan

b)   Ketahui mitra bicara

c)    Respek

d)   Empati

e)    Audibel (dapat didengarkan/dapat dimengerti dengan baik).

f)    Jelas maknanya

g)   Rendah hati.

Sumber

  • Diambil Dari Buku “Belajar Dan Pembelajaran Efektif” (M.Sobry Sutikno:2009)
  • Strategi Pembelajaran (Wina sanjaya)

2 tanggapan untuk “Keutamaan Membangun Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran

Tinggalkan komentar