Pendidikan · Uncategorized

KUOTA PESERTA DIDIK TAK BERUBAH

Ombudsman Minta Aturan PPDB Disosialisasikan Lebih Intens

Bandung (PR),-

Kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2016 dijamin tidak akan mengalami perubahan. Untuk jaur akademik akan dibatasi sebanyak 75%, sedangkan untuk jalur non-akademik, jalur afirmasi 20% dan prestasi 5%.

Saat ini, peraturan wali kota terkait dengan PPDB 2016 masih di bagian hokum. Kendati demikian, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana menjanjikan tidak akan terjadi penyimpangan prosedur dalam penetapan kuota.

“Memang kami mengubah sejumlah ketentuan yang tujuannya lebih memudahkan. Mudah-mudahan, perwal segera dapat disosialisasikan,” ujarnya ketika dihubungi “PR”, Jumat (11/3/2016).

Menurut Elih, untuk jalur akademik seperti tahun lalu, sebanyak 65% diperuntukkan bagi warga Kota Bandung. Sementara itu, 10% sisanya untuk warga luar Kota Bandung. Yang berbeda untuk PPDB 2016 adalah penguatan status siswa yang sekolah asalnya di Kota Bandung. Misalnya, siswa yang tinggal di Kota Cimahi akan mendaftar ke SMA di Kota Bandung. Ia lulusan SMP di Kota Bandung.

“Maka ia akan dianggap sama dengan tinggal di Kota Bandung dan tidak akan dikategorikan sebagai pendaftar dari luar Kota Bandung,” kata Elih.

Sementara itu, terkait dengan pilihan sekolah, untuk pilihan pertama dibebaskan ke sekolah mana saja. Untuk pilihan kedua dibatasi dengan rayon wilayah di mana pendaftar tinggal.

Sementara untuk jalur nonakademik, perubahan mendasar di jalur afirmasi. Ia mengaku pihaknya kedodoran dalam mengukur atau memverifikasi kemiskinan. Menurut Elih, batasannya disepakati hanya untuk pengguna data miskin. “Siswa miskin yang sudah ada dalam keputusan wali kota (daftar warga miskin), akan langsung disalurkan ke sekolah terdekat yang bias dierima,” ucap Elih.

Dikatakan Elih, jumlahnya tidak akan melampaui 20%. Oleh karena itu, yang berbekal surat keterangan miskin, harus memperebutkan sisa kuota 20% tadi. Elih mengatakan, apabila tidak tertampung di kuota 20%, akan disalurkan ke sekolah swasta yang dekat dengan tempat tinggal. Elih menjamin tidak akan dibebani biaya karena akan menjalin kerja sama dengan sekolah swasta.

System penilaian di jalur prestasi, ujar Elih, akan diberi skor di setiap tingkatan. Ia juga akan memperketat seleksi dengan membatasi sertifikat kompetisi dari induk kejuaraan yang terstruktur. Dengan demikian, tidak akan ada seleksi berupa tes praktik oleh sekolah.

Harus lebih baik

Kepala Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto mengharapkan pelaksanaan PPDB 2016 berjalan lebih baik. Ia memberikan catatan kurang baik atas pelaksanaan PPDB 2015.

Dalam catatan ORI Jawa Barat, terdapat temuan maladministrasi dalam pelaksanaan PPDB 2015 Kota Bandung berupa penyimpangan prosedur. Dari segi dasar hokum PPDB 2015, pelaksanaan PPDB 2015 jalur nonakademik dilakukan sebelum Peraturan Wali Kota Bandung Nomor 351 Tahun 2015 diterbitkan dan bertentangan dengan jadwal yang telah ditetapkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 50 Tahun 2015.

Haneda mengatakan, ORI Jawa Barat menemukan inkonsistensi panitia penyelenggara dalam menentukan hasil siding pleno untuk mengambil keputusan kelulusan peserta didik. Inkonsistensi lainnya dalam penentuan kelulusan jalur non-akademik afirmasi melebihi 20% juota yang telah ditetapkan dalam perwal.

Selain itu, munculnya tahapan-tahapan baru yang tidak pernah disosialisasikan atau tercantum dalam Perwal PPDB 2015. Tahapan tersebut berupa tahap 1 dan tahap 2 jalur akademik. Oleh karena itu, Haneda meminta dalam PPDB 2016, sosialisasi dilakukan lebih intens kepada semua kalangan masyarakat sehingga tidak perlu lagi terjadi penyimpangan. (Dewiyantini)***

Sumber : Harian Pikiran Rakyat, edisi Sabtu, 12 Maret 2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s