Hikmah · Pendidikan · Uncategorized

Tunjangan Guru Mengendap di Pemda, Paling Marak di Jawa

ILUSTRASI: Sampai akhir 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat ada Rp 10 triliun tunjangan guru yang belum disalurkan ke rekening guru dari Rp 40 triliun dana tunjangan yang sudah ditransfer pemerintah pusat ke rekening pemerintah daerah. Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar mengatakan paling marak kasus pengendapan ditemukan di Pulau Jawa.

JAKARTA, KOMPAS.com — Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menemukan adanya pengendapan dana transfer daerah untuk tunjangan profesi guru di rekening pemerintah daerah mencapai Rp 10 triliun dalam penelusuran hingga akhir 2012. Inspektur Jenderal Kemendikbud Haryono Umar mengatakan bahwa pengendapan dana transfer daerah terjadi hampir merata di seluruh provinsi di Indonesia.

“Tetapi, jumlah terbesar endapan ini banyak terjadi di daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa,” kata Haryono di Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Diketahui terjadi endapan anggaran tunjangan profesi guru ini, setelah pihaknya menelusuri berdasarkan keterlambatan pencairan tunjangan profesi guru di beberapa provinsi, yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Kalimantan.

Tidak hanya sekadar terlambat dalam pencairan, ditemukan juga pemotongan tunjangan profesi guru di berbagai daerah. Akibat dari pemotongan ini, para guru menerima tunjangan profesi yang tidak utuh seperti yang diadukan oleh Federasi Guru Independen Indonesia (FGII) kepada Ombudsman Republik Indonesia (RI).

“Itu hak guru harusnya disampaikan. Karena jika tidak sampai maka tidak bisa lagi dikembalikan ke pusat,” jelas Haryono.

“Jadi, memang kita sangat bergantung pada upaya pemerintah daerah untuk segera menyalurkannya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s