Dunia Islam · Hikmah

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

.Assalamu’alaikum Wr. Wb

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ اَوْجَبَ عَلَيْنَابِبِرِّالْوَالِدَيْنِ اَلصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى الْاَطْرَفِيْنَ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ اَلَّذِيْنَ هُمْ سَعَدُوْا فِى الدَّارِيْنَ اَمَّا بَعْدُ

Keluarga adalah unit terkecil dalam kehidupan  masyarakat. Begitu juga anak adalah bagian dari keluarga yang merupakan miniatur kehidupan yang akan datang. Oleh sebab itu, anak sering menjadi kebanggaan, harapan bahkan tumpuan kedua orang tuanya.

Namun sayang hadirin, saat ini tidak sedikit anak yang menjadi bumerang bagi kedua orang tuanya. Sehingga dambaan orang tua kepada anaknya sebagai tsamrotul qulub atau buah hati, belahan jiwa sehidup semati, diberikan kasih sayang yang tulus nan sejati tapi lenyap tidak berbekas laksana maling kundang yang tak tau balas budi. Semua itu disebabkan karena anak tidak mau menghormati, tidak peduli bahkan tidak berbakti kepada kedua orang tua.

Hadirin … teni mau tanya nih..!!!

Ada yang tau ga apa tugas anak dalam islam itu? Ada yang tau ga? Jawabannya  yaitu “kewajiban berbakti kepada orang tua”.  Dalam QS.Al-Isra ayat 23 yang artinya:

“dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia.”

Dewan hakim yang teni hormati

Hadirin yang teni sayangi..

Ayat diatas menginformasikan sekaligus menegaskan dan memerintahkan  kepada kita, yang pertama untuk untuk menyembah-Nya, kedua, perintah untuk berbuat baik kepada kedua orang tua. Hadirin ada yang tau ga bagaimana cara berbuat baik kepada orang tua? Tau ga hadirin?

Ayat tadi menjelaskan bahwa kita tidak boleh mengatakan pada keduanya “ah”, karena akan menyinggung perasaan dan menghancurkan hatinya. Misalnya, a ilin disuruh ibunya beli cengek, tetapi a ilin mengatakan, “ah malas belinya bu”. Itu merupakan perbuatan yang menyinggung perasaan orang tua. Na’udzubillahi min dzaalik. Namun hadirin, bukan hanya mengatakan “ah”  tapi segala bentuk  perilaku atau ucapan yang sampai membuat hati orang tua sedih itu tidak boleh hadirin coz orang tua, ibu yang telah melahirkan kita, merawat dan mendidik kita. Dalam syair bahwa “ ibu kaulah wanita yang mulia derajatmu 3 tingkat dibanding ayah, kau mengandung melahirkan menyusui mengasuh dan merawat lalu membesarkan putra putrimu ibu. Dan ayah merupakan sosok pahlawan dalam keluarga.

Hadirin… Selanjutnya dalam ayat tadi, Allah swt juga memerintahkan kita untuk mengucapkan perkataan yang mulia, penuh sopan santun, lemah lembut dan rasa hormat serta bakti kepada keduanya. Contohnya, misalnya teh rina disuruh ambilin air minum untuk bapaknya, langsung dengan cepat dan penuh kesopanan teh rina mengambilkan air minum tersebut untuk bapaknya.

Namun hadirin, pada zaman sekarang ini tidak sedikit kejadiananak yang sampai hati mengatakan kata-kata kotor, menendang, memukul bahkan membunuh orang tuanya hanya gara-gara hal sepele. Itu semua karena anak zaman sekarang sangat kurang pada pendidikan agamanya.

Dewan hakim yang teni hormati

Hadirin yang teni sayangi

Teni  mau tanya nih, siapa yang mau masuk syurga? Kalau kita mau masuk syurga maka kita semua harus berbakti pada kedua orang tua sebab dalam hadits dikatakan:

“Ridha Allah terletak pada Ridha Orang tua dan murka Allah ada pada murka orang tua”.

Maka dari itulah mari sama-sama kita berbuat bakti kepada kedua orang tua baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal dengan selalu mendoakannya, Allohummagfirli wali waalidayya warhamhuma kamaa robbayaani shogiiroh. Semoga kita termasuk anak yang sholeh dan sholehah. Amiin…..

Demikian yang dapat teni sampaikan.

Mpo Beti jalan-jalan ke gua, mari kita berbakti kepada kedua orang tua

Buah tomat buah peuteuy, tamat euy…

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s