Uncategorized

PENGISLAMISASIAN ILMU PENGETAHUAN MODERN

PENGISLAMISASIAN ILMU PENGETAHUAN MODERN

Akan menjadi sebuah langkah maju yang besar apabila universitas-universitas dan perguruan-perguruan tinggi Islam menjadikan peradaban Islam sebagai program utama pembelajaran untuk seluruh mahasiswanya. Hal ini akan menumbuhkan rasa keimanana yang lebih dalam bagi para mahasiswa terhadap agama mereka dan memberikan kepercayaan diri kepada mereka dalam menghadapi setiap kesulitan yang mereka hadapi, supaya mereka mampu untuk maju secara bertahap dalam menggapai cita-cita mereka yang telah Allah SWT tetapkan. Tetapi hal ini tidaklah cukup.

Tugas dari pengislaman pengetahuan (dalam istilah yang konkret, untuk mengislamkan disiplin atau, yang lebih tepatnya lagi, untuk memproduksi buku-buku bacaan bagi tingkat universitas dan menyusun ulang dua puluh bidang disiplin ilmu yang sesuai dangan pandangan Islam) ini merupakan hal yang paling sulit untuk dilaksanakan.

Adalah hal yang sangat mengecewakan bahwa dunia Islam masih hampa saat dimana pemikiran dan perencanaan dalam tingkat tinggi tengah terjadi. Apa yang dibutuhkan sekarang adalah sebuah universitas yang mampu menjadi pusat pemikiran Islam, dimana kedisplinan dan proses ke arah islamisasi diselenggarakan di ruang-ruang belajar dan seminar-seminar untuk berbagai program pendidikan. Sehingga lembaga pemikiran Islam internasional mampu didirikan tetapi bukan sebagai satu-satunya institusi pendidikan di dunia Islam, yang mempunyai rencana untuk mengusung topik tentang pengislamisasian ilmu pengetahuan, memproduksi buku-buku Islam untuk tingkat perguruan tinggi, menggunakan disiplin atau menyediakan alat-alat kebutuhan penelitian untuk menulis buku-buku ini. Padahal dimanapun di dunia Islam, orang mendengar akan kebutuhan pendidikan Islam, yang dimaksud adalah institusi Islam, dan juga mampu mempersiapkan pergantian kurikulum dan buku-buku bacaan. Pada tingkat resmi, dimana orang membuat kepastian menemukan lebih dari sekedar basa basi, berarti menunjukan emosi tanpa mempunyai intisari atau hubungan pelaksanaan praktek dan aplikasi di dalam ruang-ruang kelas.

Pengisalmisasian ilmu pengetahuan adalah hal yang paling utama dari seluruh tugas-tugas yang ada, dan yang terpenting lagi adalah bagaimana menghidupkan dan membimbing para pengikutnya. Pesan terakhir yang tepat adalah, bahwa orang-orang muslim tidak mempunyai pilihan kecuali mereka harus mempunyai keinginan yang kuat dengan sebuah alasan apabila mereka ingin berhenti menjadi objek sejarah, dan menjadi pelaku sejarah.

Iklan

2 thoughts on “PENGISLAMISASIAN ILMU PENGETAHUAN MODERN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s